PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MELALUI METODE LITERASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI ISLAMIYAH KARANGDAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NI'MAH, ZULFATUN (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MELALUI METODE LITERASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI ISLAMIYAH KARANGDAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ZULFATUN NI'MAH 23040160214.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku Melalui Metode Literasi Pada Siswa Kelas IV Semester II MI Islamiyah Karangdawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian yang dilakukan di kelas IV MI Islamiyah Karangdawa tahun pelajaran 2019/2020 ini terdiri dari 20 siswa laki-laki, dan 20 siswa perempuan yang keseluruhan 40 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku dengan menggunakan metode literasi di dapat dari kegiatan belajar mengajar, lembar observasi dan tes. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa metode literasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada siswa kelas IV MI Islamiyah Karangdawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2019/ 2020. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dikatakan meningkat apabila jumlah hasil belajar siswa pada pelajaran IPS sudah mencapai standar KKM minimal yaitu 85%. Adapun peningkatan di siklus I yang memperoleh nilai ketuntasan belajar sebanyak 26 anak atau 65%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 34 anak atau sebanyak 85% yang sudah mencapai KKM. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan sebanyak 20%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2021 19:58
Last Modified: 08 Dec 2021 19:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12366

Actions (login required)

View Item View Item