KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KONTEMPORER MENURUT PEMIKIRAN AHMAD DAHLAN

Fitriah, fajri Rahmatul (2017) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KONTEMPORER MENURUT PEMIKIRAN AHMAD DAHLAN. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
111-12-049 pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebagaimana telah penulis ketahui berkembangnya iptek dan modernisasi membuat adanya dikotomi dalam pendidikan di dunia Barat, antara pendidikan Umum dengan pendidikan Agama menjadi sebuah persoalan yang harus dicari solusinya semakin berkembangnya IPTEK dan modernitas. yang menjadi persoalan adalah sains yang berkembang didunia barat adalah sains murni yang semakin menjauhkan manusia dari kepercayaan adanya tuhan maka dari itulah harus kita kaji ulang dan di teliti sistem pendidikan Kontemporer. Hal ini harus ditelisik dari sistem pendidikan agama Islam yang dikenal maju dan kekinia yakni sistem pendidikan yang diusung oleh Ahmad Dahlan.pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah:1. Untuk mengetahui Biografi Ahmad Dahlan. 2. Untuk mengetahui Konsep Pendidikan Islam Kontemporer dan pemikiran Ahmad Dahlan mengenai Pendidikan Islam Kontemporer. 3. Untuk mengetahui relevansi pemikiran Ahmad Dahlan Pendidikan Islam Kontemporer dan aplikasinya dimasa kini. Tujuan Penulisan skripsi ini adalah untuk mendapatkan explorasi labih lanjut mengenai Pendidikan Islam Kontemporer Pemikiran Aihmad Dahlan sebagai salah satu rujukan pengetahuan Pendidikan Islam Kontemporer Pemikiran Ahmad Dahlan sebagai salah satu rujukan pengetahuan tentang Pendidikan Islam Kontemporer dan pemikiran Ahmad Dahlan. Skripsi ini merupakan jenis penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan sosio-historis. Analisis data menggunakan metode analisa isi dan analisa historis. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan Agama Islam Kontemporer Menurut Pemikiran Ahmad Dahlan adalah hasil dari Pengamalan Q. S Ali Imran ayat 104 dan sabda Nabi ‘‘ Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” yang menjadi pelopor gerakan pencerdasan peserta didik dengan metode integratif penggabungan sistem pendidikan saintifik dengan mengembangkan pedidikan mengikuti perkembangan zaman dengan memahami kemampuan peserta didik dengan konsep pemahaman multiintele

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2017 02:20
Last Modified: 16 Mar 2017 02:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item