Fauzi, Rizki Restu (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID DAN TOLERANSI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMP N 1 BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI END RIZKI RESTU FAUZI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fauzi, Rizki Restu. 2021. Implementasi Pendidikan Tauhid dan Toleransi Beragama pada Peserta Didik di SMP N 1 Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2021. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Syaefudin Achmad, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Tauhid dan Toleransi beragama Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan implementasi pendidikan tauhid dan toleransi beragama pada peserta didik di SMP N 1 Bandungan Kabupaten Semarang. Fokus masalah yang akan dikaji adalah 1) Bagaimana kondisi implementasi pendidikan tauhid dan toleransi beragama pada peserta didik di SMP N 1 Bandungan. 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan tauhid dan toleransi beragama pada peserta didik di SMP N 1 Bandungan dan 3) Bagaimana upaya sekolah dalam memaksimalkan implementasi pendidikan tauhid dan juga toleransi beragama pada peserta didik di SMP N 1 Bandungan. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari wakil kepala sekolah, kurikulum, kesiswaan, wali kelas, guru PAI, guru agama non-muslim, siswa muslim dan non-muslim, dan sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan tauhid dan toleransi beragama, buku kurikulum dan profil sekolah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan tauhid dan toleransi beragama pada peserta didik di SMP N 1 Bandungan berjalan dengan baik dengan penjelasan sebagai berikut: 1. Implementasi Pendidikan tauhid : a. Sholat fardhu, b. Mengucap salam, c. Berdoa, d. Menutup aurat, e. Membaca asmaul husna, f. Menghafalkan surat pendek, g. Menyambut hari besar Islam, h. Mengikuti ekstrakurikuler, 2. Faktor pendukung implementasi pendidikan tauhid antara lain : a. Kesadaran siswa, b Lingkungan sekitar, c. Dukungan guru dan orang tua, dan untuk faktor penghambat : Tidak ada, 3. Upaya sekolah memaksimalkan implementasi pendidikan tauhid : a. Memaksimalkan peran guru, b. Menyesuaikan sistem pendidikan sekolah dengan kurikulum, c. Mengagendakan kegiatan keagamaan, d. Menyediakan ekstrakurikuler, Dan untuk implementasi toleransi beragama pada peserta didik di SMP N 1 Bandungan juga berjalan dengan baik dengan penjelasan sebagai berikut: 4. Toleransi beragama: a. Bergaul, b. Memahami batasan toleransi beragama, c. Bekerja sama, d. Tidak pernah terjadi konflik, e. Saling menghargai f. Tolong-menolong. 5. Faktor pendukung toleransi beragama : a. Kesadaran siswa, b Lingkungan sekitar, c. Dukungan dari guru dan orang tua, dan 6. Upaya sekolah memaksimalkan toleransi beragama : a. Memaksimalkan peran guru, b. Menyesuaikan sistem pendidikan sekolah dengan kurikulum, c. Menyediakan ekstrakurikuler, d. Memberi ruang dan kesempatan untuk belajar dan mengamalkan keyakinan masing-masing
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 21:34 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 15:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12463 |
Actions (login required)
View Item |