wulan, ariyanti nur (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI RUMAH PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH TARAMAN KECAMATAN SIDOHARJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ARIYANTI NUR WULAN 23040170052 FIX.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Wulan, Ariyanti Nur. 2021. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Rumah Pada Siswa MI Muhammadiyah Taraman Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi, Belajar Di Rumah Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : (1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di rumah pada siswa MI Muhammadiyah Taraman Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. (2) Untuk mengetahui kendala orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di rumah pada siswa MI Muhammadiyah Taraman Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. (3) Untuk mengetahui upaya orang tua mengatasi kendala dalam meningkatkan motivasi belajar di rumah pada siswa MI Muhammadiyah Taraman Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di rumah yaitu orang tua memberi perhatian dalam bentuk menjanjikan hadiah dan orang tua juga memberi motivasi dalam bentuk kata semangat dan nasehat. (2) Kendala orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di rumah yaitu : (a) Kesibukan orang tua yaitu orang tua masih kurang meluangkan waktunya dalam mendampingi anaknya belajar. (b) Kondisi lingkungan sekitar yaitu anak masih sering bermain bersama temannya disaat jam belajar, anak juga main hp dan menonton TV disaat jam belajar yang membuat anak lupa belajar dan malas untuk belajar.(c) Kurangnya fasilitas belajar yaitu orang tua belum sepenuhnya memenuhi fasilitas belajar anak. Orang tua hanya menyediakan alat tulis saja untuk belajar. (3) Upaya orang tua mengatasi kendala dalam meningkatkan motivasi belajar di rumah yaitu (a) Menyediakan waktu yang cukup untuk terlibat dalam kegiatan belajar anak yaitu dengan membangun komunikasi antara orang tua dengan anggota keluarga untuk bergantian dan membagi waktu untuk mendampingi anak belajar agar waktu anak tercukupi.(b) Memberi hukuman yaitu dengan tidak memberi uang jajan ke anak jika anak bermain dijam belajar. Hukuman itu bertujuan untuk memberi rasa takut ke anak agar tidak bermain dijam belajar. (c) Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan yaitu orang tua berusaha untuk mencarikan dan membelikan fasilitas yang kurang agar fasilitas belajar segera terpenuhi
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 14:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 14:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12480 |
Actions (login required)
View Item |