INDARWATI, ROFIK NUR (2021) NILAI-NILAI UKHUWAH INSANIYAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH NURUSH SHOBAH III KLATEN TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI ROFIK NUR INDARWATI 23010170219.pdf Download (2MB) |
Abstract
Indarwati, Rofik Nur. 2021. Nilai-Nilai Ukhuwah Insaniyah Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Salafiyah Nurush Shobah III Klaten Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, M. Si. Kata Kunci: Nilai Ukhuwah Insaniyah, Pendidikan Multikultural, Pondok Pesantren Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengambarkan internalisasi nilai-nilai ukhuwah insaniyah dalam perspektif pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Salafiyah Nurush Shobah III Klaten, 2) mengetahui faktor pendukung pelaksanaan nilai-nilai ukhuwah insaniyah dalam perspektif pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Salafiyah Nurush Shobah III Klaten, 3) mengetahui faktor penghambat pelaksanaan nilai-nilai ukhuwah insaniyah dalam perspektif pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Salafiyah Nurush Shobah III Klaten, 4) mengetahui solusi yang diberikan untuk mengatasi faktor penghambat dalam melaksanakan nilai-nilai ukhuwah insaniyah dalam perspektif pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Salafiyah Nurush Shobah III Klaten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kejadian di lapangan secara sistematis dan akurat. Data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai ukhuwah insaniyah dalam perspektif pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Salafiyah Nurush Shobah III sudah terlaksana dengan baik melalui metode pembiasaan, teladan pengajaran dan nasihat. Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa gotong royong, diskusi, musyawarah dan lain sebagainya 2) Faktor pendukung adanya kesadaran untuk hidup bermasyarakat, dorongan untuk menerapkan adab-adab yang diajarkan oleh ustadz, dan adanya niat yang lurus untuk belajar di Pondok Pesantren. 3) Faktor penghambat berupa santri sebagian besar masih berusia anak-anak jadi emosinya belum stabil, sering membeda-bedakan teman, sifat iri, egois dan sikap individualis. 4) Solusi yang diberikan untuk mengatasi hambatan adalah dengan melakukan pendekatan kepada santri, memberikan nasihat, menciptakan rasa persaudaraan dan kekeluargaan serta memberikan teladan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 12:47 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 12:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12489 |
Actions (login required)
View Item |