EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBANTU BUKU SISWA ELEKTRONIK (BSE) PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs N 14 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

AMBARWATI, DWI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBANTU BUKU SISWA ELEKTRONIK (BSE) PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs N 14 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
DWI AMBARWATI-23060170088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional pada materi pesawat sederhana siswa kelas VIII MTs N 14 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021, (2) mengetahui hasil belajar IPA kelas eksperimen dengan metode flipped classroom berbantu buku siswa elektronik (BSE) pada materi pesawat sederhana siswa kelas VIII MTs N 14 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021, (3) mengetahui efektivitas penggunaan metode flipped classroom berbantu buku siswa elektronik (BSE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs N 14 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy eksperimen dan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas VIII MTs N 14 Boyolali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 51 peserta didik dari kelas VIII A sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik sedangkan kelas VIII B kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan ganda dan teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dilakukan dengan pretest-posttest. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal dengan menggunakan Ms. Excel 2013. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sampel T-Test yang dihitung menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest 80,74 dan siswa kelas eksperimen 83,67. Hasil analisis data menunjukkan hasil yang signifikan dari kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol < kelas eksperimen (80,74 < 83,67). Hasil uji Independent T-Test diperoleh nilai thitung 2,713 > ttabel 2,010 dengan nilai signifikansi didapat (2-tailed) 0,009 < 0,05 maka berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan metode flipped classroom berbantu buku siswa elektronik (BSE) efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs N 14 Boyolali tahun pelajaran 2020/ 2021.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 17:52
Last Modified: 05 Jan 2022 17:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item View Item