Chajar, Muhammad Ibnu (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN THARIQAH TA’ALLUM UNTUK MENINGKATKAN LIVING VALUE SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA NGABLAK MAGELANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Muhammad Ibnu Chajar 23070170045.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan keefektifan dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika model missouri mathematics project dengan pendekatan thariqah ta’allum. Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan menggunakan model Thiagarajan yang telah dimodifikasi dari 4-D menjadi 3-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Lembar Tugas Proyek (LTP) pada materi himpunan. Uji coba dilakukan di kelas VII MTs Nurul Huda dengan jumlah subjek sebanyak 20 siswa. Selanjutnya perangkat pembelajaran yang dihasilkan akan dilihat validitas, kepraktisan dan efektivitasnya. Setelah data dianalisis secara deskriptif, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: nilai rata-rata kevalidan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 4,38 (sangat valid), rata-rata nilai Lembar Kerja Siswa (LKS) sangat sebesar 4,15 (valid), dan rata-rata nilai kevalidan Lembar Tugas Proyek (LTP) sebesar 4,17 (sangat valid). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian dinilai praktis oleh para ahli dengan rata-rata penilaian B (sedikit revisi). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini “efektif”. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang relevan terhadap pembelajaran mencapai persentase sebesar 88,2 % sedangkan yang tidak relevan mencapai persentase sebesar 11,8 %. Persentase keterlaksanaan sintaks pembelajaran mencapai 91,7 %. Persentase total respon siswa dalam pembelajaran mencapai angka 79,375 % (positif). dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai angka 85% (tuntas). Kemampuan living value pada siswa mengalami peningkatan pada tiga nilai yaitu nilai kejujuran, kerjasama dan tanggung jawab siswa. Pada nilai kejujuran siswa diperoleh Z hitung lebih besar dari Z tabel (3,357 ˃ 1,96) dan memiliki angka signifikasi 0,001. Pada nilai kerjasama siswa diperoleh Z hitung lebih besar dari Z tabel (3,744 ˃ 1,96) dan memiliki angka signifikasi 0,000. Pada nilai tanggung jawab siswa diperoleh Z hitung lebih besar dari Z tabel (3,907 ˃ 1,96) dan memiliki angka signifikasi 0,000. Karena Zhitung ˃ Ztabel dan angka signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan nilai kejujuran, kerjasama dan tanggungjawab siswa dalam pembelajaran matematika antara sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan model missouri mathematics project dan pendekatan thariqah ta’allum.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 21:39 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 21:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12819 |
Actions (login required)
View Item |