Lestari, Dwi (2016) Hubungan Antara Keteladanan Guru Dengan Perilaku Sosial Siswa MTs Darul Ulum Suruh Tahun 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
DWI LESTARI_111 11 055.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keteladanan merupakan suatu contoh perilaku yang sering dilihat, ditiru dan dipraktikkan oleh siapapun yang melihatnya terutama para peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Pada era yang serba modern ini kita harus waspada terhadap dunia luar yang begitu marak, yang dapat menghancurkan generasi muda terutama pada anak-anak sekolah, zaman sekarang anak-anak kebanyakan sudah mulai berperilaku yang kurang sopan terhadap orang tua dan guru, maka sekolah memiliki peran yang penting dalam membentuk budi pekerti yang luhur bagi siswa dengan memberikan contoh yang baik kepada siswanya agar tercipta perilaku sosial yang baik. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui keteladanan guru dan perilaku sosial siswa di MTs Darul Ulum Suruh serta hubungan antara keteladan guru dan perilaku sosial siswa MTs Darul Ulum Suruh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi.Metode penelitian yang digunakan yaitu untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan Angket dan Dokumentasi.Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang keteladanan guru (variabl x) dan perilaku sosial siswa (variable y) dengan responden siswa MTs Darul Ulum Suruh sebanyak 71 siswa.Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data kelengkapan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1). Keteladanan guru tergolong pada kategori tinggi dengan prosentase 14,09% sebanyak 10 responden, pada kategori sedang dengan prosentase 59,15% sebanyak 16 responden dan pada kategori rendah dengan prosentase 26,76% sebanyak 45 responden. (2). Perilaku sosial siswa tergolong pada kategori tinggi 28,17% sebanyak 20 responden, pada kategori sedang 46,48% sebanyak 33 responden dan pada kategori rendah dengan prosentase25,35% sebanyak 18 responden. (3). Serta hubungan antara keteladanan guru dengan perilaku sosial siswa diperoleh rxy 0,244 dan rx tabel 0,235 pada taraf signifikasi 5% atau diartikan bahwa rxy lebih besar dari rx tabel (0,244 > 0,235). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keteladanan guru dengan perilaku sosial siswa MTs Darul Ulum Suruh pada Tahun 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:12 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 03:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1285 |
Actions (login required)
View Item |