Penerapan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN2 Salatiga dan SMK Diponegoro Salatiga Tahun 2021

JARIYAH, AINUN (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN2 Salatiga dan SMK Diponegoro Salatiga Tahun 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
THESIS REVISI 2 SIAP BAKAR CD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penerapan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Salatiga dan SMK Diponegoro Salatiga Tahun 2021. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Much Nursikin, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penerapan strategi PJJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Salatiga dan SMK Diponegoro Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, perencanaan PJJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Salatiga telah dilaksanakan melalui pembuatan RPP, pelatihan aplikasi Miccrosoft Teams dan penyediaan sarana prasarana. Begitu juga perencanaan di SMK Diponegoro yang telah disusun secara sistematis melalui pembuatan RPP dan pelatihan aplikasi Schoologhy . Kedua, pelaksanaan dan partisipasi siswa dalam PJJ pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Salatiga menunjukkan persentase yang tinggi. Tahapan pelaksanaan dilakukan melalui aplikasi Microsoft Teams. Sedangkan di SMK Diponegoro, melalui Schoologhy; kegiatan pendahuluan tanpa penyampaian tujuan pembelajaran dan tanpa penutupan. Keaktifan siswa juga kurang. Ketiga, evaluasi pembelajaran di SMKN 2 Salatiga dilaksanakan menggunakan media Google Form, Microsoft Teams dan Moodle. Kegiatan remidial diberikan hanya ketika UAS. Sedangkan di SMK Diponegoro, evaluasi berjalan melalui aplikasi Schoologhy. Kegiatan remidial dan pengayaan dilakukan dengan pengerjaan soal yang sama dengan beberapa kali kesempatan. Keempat, faktor pendukung PJJ di SMKN 2 dan SMK Diponegoro Salatiga diantaranya adalah ketercukupan materi, media, dan alat pembelajaran, sarana prasarana yang memadahi, pelatihan media pembelajaran, dan RPP. Adapun faktor penghambatnya sebagian besar berasal dari pihak siswa berupa kesulitan dalam pengiriman tugas serta lupa password. Di SMK Diponegoro Salatiga, ditambahi dengan kurangnya dukungan dari pihak keluarga dan rendahnya minat belajar dari siswa Kata Kunci: Penerapan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2022 20:39
Last Modified: 28 Jan 2022 20:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12864

Actions (login required)

View Item View Item