Isnadziya, Isnadziya (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Materi Klasifikasi Hewan Sesuai Jenis Makanan Melalui Model Make a MatchPada Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Sumowono Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik yang dilatarbelakangi dengan adanya kenyataan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Sumowono Semarang dalam pembelajaran IPA tergolong masih rendah. Oleh karena itu Guru diharapkan menerapkan model pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar serta keaktifan peserta didik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Masalah utama yang akan dijawab dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu apakah penerapan ModelMake a Match dapat meningkatkan prestasi belajar materi klasifikasi hewan sesuai jenis makanan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Sumowono Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Untuk menjawab permasalahan yang ada di MI Darussalam Sumowono kelas IV maka dilakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menerapkan model Make a Match pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Sumowono Semarang tahun pelajaran 2016/2017, dengan subjeknya seluruh peserta didik kelas IV dengan materi pokok klasifikasi hewan sesuai jenis makanan. Data ini diambil dengan menggunakan observasi atau melihat aktifitas peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan pemberian tes formatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran IPA adalah 67, sebelum menggunakan model Make a Match hanya ada 41% atau 7 peserta didik yang tuntas, sedangkan 59% atau 10 peserta didik belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan model Make a Match dalam pembelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 71% atau 12 peserta didik yang tuntas dan 29% atau 7 peserta didik yang tidak tuntas. Jika dilihat peningkatannya sebesar 30%. Sedangkan pada siklus II 88% atau 15 peserta didik yang tuntas, sedangkan 22% atau 2 peserta didik yang tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM. Jadi berdasarkan hasil tes formatif pada nilai ketuntasan menunjukkan bahwa penggunaan model Make a Match pada pembelajaran IPA materi klasifikasi hewan sesuai jenis makanan meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Sumowono.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:25 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 03:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1287 |
Actions (login required)
View Item |