IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU PADA SISWA KELAS V MI AL HUDA MUNGGANGSARI II KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Aini, Nur (2022) IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU PADA SISWA KELAS V MI AL HUDA MUNGGANGSARI II KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NUR AINI 23040170145 .pdf

Download (6MB)

Abstract

Nur Aini. 2021. Implementasi Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau pada Siswa Kelas V MI Al-Huda Munggangsari II Kecamatan Kalingkrik Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci : Implementasi, Metode Outdoor Study, Hasil Belajar IPA Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui implementasi metode outdoor study dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari II Kecamatan Kalingkrik Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2020/2021. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode outdoor study dalam mata pelajaran IPA. 3) untuk mengetahui tingkat keberhasilan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan implementasi metode outdoor study. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil data dianalisis dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh sehingga mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Metode outdoor study adalah metode pembelajaran yang proses KBMnya memanfaatkan lingkungan sekitar guna mencapai tujuan pembelajaran. Implementasinya dalam mata pelajaran IPA meliputi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Faktor pendukungnya adalah : Faktor internal diantaranya, pemahaman siswa terhadap materi, Sumber Daya Manusia (SDM), kekompakan siswa dalam mengerjakan soal. Faktor eksternal diantaranya, alat pendukung atau alat peraga, lingkungan sekitar, kreatifitas guru, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : lingkungan sekolah yang kurang mendukung untuk melakukan pembelajaran dengan metode outdoor study, terbatasnya ketersediaan alat peraga atau sarana prasarana pendukung. 3) Metode outdoor study yang diimplementasikan dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari II sudah terlaksana dengan baik, dengan metode tersebut anak-anak bisa dengan mudah mengamati objek secara langsung. Anak-anak juga lebih antusias mengikuti pembelajaran serta mencintai SDA seperti tumbuhan hijau, sehingga out putnya anak-anak menjadi lebih peduli pada alam sekitar. Hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study lebih baik pada mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau di kelas V MI Al-Huda Munggangsari II dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2022 14:55
Last Modified: 02 Feb 2022 08:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item View Item