Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidayah Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016

Ekasari, Paramita Ayu (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidayah Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Matematika pada umumnya membutuhkan kemampuan siswa untuk memahami konsep materi pelajaran, sehingga guru sebagai pengajar haruslah lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Namun masih ada guru yang belum melaksanakan pembelajaran secara aktif dan kreatif. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan cenderung pasif dalam pembelajaran akibatnya hasil belajar Matematika rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan pendekatan Konstruktivisme mampu meningkatakan hasil belajar siswa terhadap materi penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidayah Tukangan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun ajaran 2015/2016 Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi post tes lembar pengamatan dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Penjumlahan Pecahan pada siswa kelas IV MI Tukangan Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil dari penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I dan II dengan hasil Pre tes dan Post tes mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata Pre tes adalah 61, 67 dengan dan rata-rata Post tes 68, 88. Dari rata-rata Pre tes dan Pos tes mengalami peningkatan 7, 21 dengan persentase peningkatan 16,67 %. Pada siklus II rata-rata Pre tes adalah 75 dan rata-rata Post tes 88, 89. Dari rata-rata Pre tes dan Pos tes mengalami peningkatan 13, 89 dengan persentase peningkatan sebesar 22, 23%. Peningkatan nilai rata-rata pada Pre tes dan Post tes menunjukkan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:35
Last Modified: 21 Mar 2017 04:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item