Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia Dengan PAIKEM Pada Siswa Kelas III MI Al Mustajab Wahrurejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Safitri, Miggi (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia Dengan PAIKEM Pada Siswa Kelas III MI Al Mustajab Wahrurejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al Mustajab Wahyurejo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan PAIKEM. Masalah yang dikaji adalah apakah PAIKEM apat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al Mustajab Wahrurejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 10 siswa, yaitu terdiri dari 8 laki – laki dan 2 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, data dokumentasi, dan observasi dengan melihat perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian dikatakan bahwa penggunaan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia dengan PAIKEM pada siswa kelas III MI Al Mustajab Wahrurejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 45%. Pada siklus I rata – rata keaktifan siswa mencapai 40%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan keaktifan siswa yang rata – ratanya menjadi 85%.Penerapan Paikem juga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia pada kelas III MI Al – Mustajab Wahyurejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran2016/2017.Dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 40%. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 50% dan 5 siswa atau 50% yang belum tuntas dengan rata – rata 64,6. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau 90% dan 1 siswa atau 10% yang belum tuntas dengan rata – rata 80, 8.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2017 06:30
Last Modified: 21 Mar 2017 06:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item