Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Struktur Tumbuhan Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV MI Perwanida Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017

Riyanti, Riyanti (2016) Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Struktur Tumbuhan Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV MI Perwanida Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIPerwanida pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan model Team Games Tournament (TGT). Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan model Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaranIlmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkanprestasi belajar siswa kelas IV MIPerwanida Tahun Pelajaran 2016/2017?. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Struktur Tumbuhan. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MIPerwanida Salatiga yang berjumlah 19 siswa, yang terdiri dari 8 siwa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Team Games Tournament (TGT)pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Dalam penelitian ini prestasi belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 74% dengan nilai rata-rata 72. Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa yang tuntas atau 95% dan 1 siswa yang tidak tuntas.Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II memberi bukti bahwa penggunaan model Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA materi Struktur Tumbuhan di kelas IV MIPerwanida Salatiga mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2017 03:33
Last Modified: 22 Mar 2017 03:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item