EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SCRAMBLE PADA MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DARUL FIKR ANDONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RAHMAJATI, DHIMAS ADHA RADITYA (2022) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SCRAMBLE PADA MATERI SISTEM TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DARUL FIKR ANDONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SCRAMBLE PADA MATERI SISTE-dikompresi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar scramble pada materi sistem tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Darul Fikr Andong Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar scramble dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data dengan tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengambilan data dilakukan pre-test, post-test, dan angket respons siswa terhadap kartu bergambar. Adapun teknik analisis data penelitian adalah dengan uji n-gain dan uji t menggunakan program Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22.0. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa menunjukkan persentase ratarata n-gain kelas eksperimen sebesar 71,45% dengan kriteria “Efektif”, sedangkan persentase n-gain kelas kontrol sebesar 53,63% dengan kriteria “Kurang Efektif”. Hasil uji t-test menunjukkan nilai thitung (6,032) > ttabel (2,003) dan taraf signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000  0,05, maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis angket respons siswa menunjukkan bahwa penilaian keseluruhan terhadap model pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar scramble diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 86,38% dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar scramble pada materi sistem tata surya efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Darul Fikr Andong.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2022 20:17
Last Modified: 11 Apr 2022 13:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13405

Actions (login required)

View Item View Item