LESTARI, SRI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BRANDING DESA WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA WISATA NGIDAM MUNCAR KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI SRI LESTARI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Sri. 2022. Implementasi Manajemen Branding Desa wisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa wisata Ngidam Muncar Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2021, Skripsi, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Imam Subqi, M. S. I . Kata Kunci: Manajemen Branding, Desa wisata, Tingkat Ekonomi Masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui bagaimana Manajemen Branding Desa wisata Ngidam Muncar Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. 2). Untuk mengetahui bagaimana Manajemen Branding Desa wisata Ngidam Muncar Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, jenis penelitian yang dalam pengumpulan datanya pada suatu latar ilmiah dimaksudkan untuk menjelaskan keadaan yang terjadi dimana peneliti adalah instrumen kunci. Penelitian ini menjelaskan tentang Manajemen Branding Desa wisata Ngidam Muncar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Lokasi penelitian di Desa wisata Ngidam Muncar Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Desa, Ketua Pokdarwis, dan beberapa masyarakat Desa wisata Ngidam Muncar. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen Branding Desa wisata Ngidam Muncar meliputi perencanaan dengan dilakukan penggalian dan pengembangan potensi. Pengorganisasian, dengan dibentuk Kelompok sadar wisata. Pelaksanaan, saling bekerjasama dan menjalin hubungan yang baik antar berbagai stakholder yang terlibat. pengawasan, dilakukan evaluasi setelah dan sebelum kegiatan dilakukan. 2) Manajemen Branding Desa wisata Ngidam Muncar berdampak terhadap perekonomian masyarakat, karena membentuk image dan reputasi baik dibenak wisatawan, semakin dikenalnya desa wisata ngidam muncar oleh masyarakat secara luas sehingga meningkatkan jumlah pengunjung dan meningkatkan perekonomian masyarakat karena potensi yang dikembangkan dapat dikenal oleh wisatawan melalui kegiatan promosi yang dilakukan melalui media sosial yaitu Instagram, Youtube, Facebook, dan Website. Partisipasi masyarakat dan sikap ukhuwah serta Ta’awun yang dibangun menjadi tolak ukur keberhasilan perubahan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Apr 2022 21:31 |
Last Modified: | 17 Apr 2022 15:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13424 |
Actions (login required)
View Item |