Hubungan Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Jambu

Musyarofah, Isti (2022) Hubungan Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Jambu. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FIX PRINT SKRIPSI ISTI_M MTK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Musyarofah, I. 2021. Hubungan Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 1 Jambu. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hubungan, Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara: 1) kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika; 2) kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika; 3) kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jambu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2021 dengan populasi sebanyak 210 siswa diambil sampel 68 siswa. data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, korelasi pearson dan korelasi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika (Pearson Correlation=0,265 dan probabilitas Sig (2-tailed) = 0,118; 2) Tidak ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai korelasi Product Moment Pearson = 0,302 dan probabilitas Sig (2-tailed)= 0,073; 3) Tidak ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan nilai Sig. F Change (0,206) > 0,05 dan keeratan hubungan dilihat dari nilai pearson correlation 0,302 yang terletak pada interval 0,21-0,40 yang berarti korelasi lemah.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2022 20:10
Last Modified: 18 Apr 2022 13:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item View Item