NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (ANALISIS KITAB I’DHOTUN NASYIIN KARANGAN SYEIKH MUSTHAFA AL-GHALAYAINI)

Latifah, Khikmatul (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (ANALISIS KITAB I’DHOTUN NASYIIN KARANGAN SYEIKH MUSTHAFA AL-GHALAYAINI). Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada hakikatnya, semua manusia adalah pemimpin, namun kebanyakan dari mereka melupakan atau tidak tahu menahu atas apa yang menjadi tanggung jawabnya menjadi seorang pemimpin. Wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seorang pemimpin tidak ringan di mata Allah, seringkali godaan setan dengan iming-iming keuntungan dunia telah memalingkan motivasi para pemimpin dari tujuan bersama. Banyak pemimpin yang hadir dengan tanpa mencerminkan sosok pemimpin yang seharusnya, terlihat adanya pemimpin-pemimpin yang jauh dari harapan rakyat, tidak peduli dengan nasib rakyat bawah, dan hampir tidak pernah berpikir untuk melayani masyarakat. Selama ini banyak sekali pemahaman yang keliru tentang arti kepemimpinan, pada umumnya orang melihat pemimpin sebagai sebuah kedudukan atau posisi semata. Akibatnya banyak orang yang mengejar untuk menjadi seorang pemimpin dengan menghalalkan banyak cara dalam mencapai tujuan tersebut. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dalam kitab I’dhotun Nasyiin dengan rumusan masalah (1) Bagaimanakah Biografi Syeikh Musthafa Al-Ghalayaini dan sistematika kitab I’dhotun Nasyiin?, (2) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan kepemimpinan yang diajarkan dalam kitab I’dhotun Nasyiin?, (3) Bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan kepemimpinan dalam kitab I’dhotun Nasyiin dengan konteks kepemimpinan masa kini?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahan, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat kami simpulkan bahwa: (1) Syeikh Musthafa Al Ghalayaini adalah pengarang kitab I’dhotun Nasyiin, Beliau merupakan seorang sastrawan Arab, penyair, orator, politikus dan jurnalis.(2) Nilai-nilai kepemimpinan yang dapat diambil dalam kitab I’dhotun Nasyiin antara lain: (a) pemimpin harus rendah hati dan sederhana (b) pemimpin harus mempunyai sikap suka menolong (c) pemimpin harus sabar dan menjaga kestabilan emosi (d) pemimpin harus percaya pada diri sendiri (e) pemimpin harus bersikap jujur, adil dan dapat dipercaya, (3) Nilai-nilai pendidikan kepemimpinan yang terkandung dalam kitab I’dhotun Nasyiin sangat relevan dengan konteks kepemimpinan sekarang (kekinian) dan memiliki persamaan penggunaan dengan berbagai pernyataan yang rasional baik tentang materi pendidikan, metode pendidikan, dan tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2017 07:43
Last Modified: 22 Mar 2017 07:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item