Pendidikan Moral Keagamaan Dan Self Efficacy Pada Siswa SMK Darul Fikr Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022.

khotimah, siti khusnul (2022) Pendidikan Moral Keagamaan Dan Self Efficacy Pada Siswa SMK Darul Fikr Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi Siti Khusnul Khotimah (23010170275) fixxxxxxx.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Khotimah, Siti Khusnul. 2021. Pendidikan Moral Keagamaan dan Self Efficacy pada Siswa SMK Darul Fikr Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata kunci: Pendidikan, Moral Keagamaan dan Self Efficacy Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana pendidikan moral keagamaan dan self efficacy pada Siswa di SMK Darul Fikr Boyolali, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pendidikan moral keagamaan dan self efficacy pada Siswa di SMK Darul Fikr Boyolali. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dengan beberapa guru PAI, dan sumber data sekunder yang dapat berupa foto pendukung kegiatan yang ada di SMK Darul Fikr Boyolali. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pendidikan moral keagamaan yang diterapkan di SMK Darul Fikr Boyolali yaitu: membaca doa sebelum memuali pelajaran, membaca Asmaul Husna sebelum memuali pembelajaran, membaca Al-Quran biasanya yang dibaca surat-surat pendek, Sholat berjamaah, sopan santun, cara menghargai seseorang. Kedua, pendidikan self efficacy yang diajarkan di SMK Darul Fikr Boyolali seperti pemberian motivasi dan saran-saran di sela-sela pembelajaran, mengundang mentor untuk menambah semangat siswa dalam meraih segala impiannya. Ketiga, faktor yang mendukung dan penghambat dalam pendidikan moral keagamaan. a) faktor pendukung diantaranya faktor dari diri sendiri (faktor internal), faktor dari keluarga, dan faktor lingkunga. b) faktor penghambat diantaranya kurangnya kerja sama dengan orang tua dan pengaruh internet. Selain itu ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi self efficacy siswa di SMK Darul Fikr Boyolali diantaranya ada faktor pendorong dan faktor penghambat. 1) faktor pendorong dari self efficacy diantaranya sebagai berikut guru selalu memberikan cerita-cerita tentang tokoh-tokoh yang sudah sukses agar siswa memiliki semangat akan kesuksesan yang sudah diimpikan, faktor pendukung dari orang tua, faktor motivasi-motivasi yang sudah diberikan guru. 2) faktor penghambat dari self efficacy diantaranya faktor pada diri anak yang dimana tidak bisa mengendalikan emosinya sendiri.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 19:42
Last Modified: 09 Jun 2022 19:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item