SHUHUDI, M. (2022) IMPLEMENTASI KETAATAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN SALATIGA DI PONDOK PESANTREN MANABI’UL QUR’AN MELATI RAHAYUNING BUDI BLOTONGAN, SIDOREJO, KOTA SALATIGA TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Implementasi Ketaatan Beribadah dan Kemandirian Belajar.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Ketaatan Beribadah dan Kemandirian Belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi. Penelitian dilakukan untuk menjawab rumusan masalah mengenai : 1) Implementasi Ketaatan Beribadah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi, 2) Implementasi Kemandirian Belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Ketaatan Beribadah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi, dan 4) Faktor Pendukung dan Penghambat Kemandirian Belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer berupa hasil wawancara dengan Pengasuh, Pengurus dan Santri Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi. Sedangkan data sekunder yang didapat berupa foto-foto kegiatan pesantren, profil pesantren, dan Satuan Pendidikan Pondok Pesantren. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi telah mengimplementasikan Ketaatan Beribadah yaitu berupa ketaatan beribadah salat fardhu dan membaca Al-Qur’an, 2) Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga di Pondok Pesantren Manabi’ul Qur’an Melati Rahayuning Budi telah mengimplementasikan Kemandirian Belajar berupa belajar karena keinginan sendiri, belajar secara mandiri, mengerjakan tugas secara mandiri dan belajar dari dari lingkungan, 3) Ketaatan Beribadah terdapat dua faktor, baik bagi faktor pendukung maupun penghambat ketaatan beribadah, yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan 4) Kemandirian Belajar terdapat dua faktor, baik bagi faktor pendukung maupun penghambat kemandirian belajar, yaitu faktor pribadi dan faktor sosial.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 06:14 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 23:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13577 |
Actions (login required)
View Item |