Hubungan penggunaan E-commerce Shopee Berbasis Marketplace dengan Perilaku Shopaholic pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Dakwah IAIN Salatiga

akbar, muhammad ali (2022) Hubungan penggunaan E-commerce Shopee Berbasis Marketplace dengan Perilaku Shopaholic pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi cd.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akbar, Muhammad Ali. 2021. Hubungan penggunaan E-commerce Shopee Berbasis Marketplace dengan Perilaku Shopaholic pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Aufa Abdillah, M.Psi. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penggunaan e-commerce Shopee dengan perilaku Shopaholic pada mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Penelitian ini dilakukan atas dasar perkembangan pasar online dan kemudahan bertransaksi terutama dikalangan mahasiswa yang aktif menggunakan sosial media dan gemar melakukan belanja online terutama di marketplace Shopee. Ketika melakukan kegitan berbelanja secara terus-menerus hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami shopaholic. Metode penelitian ini menggunakan korelasional dengan alat ukur skala likert. Bedasarkan hasil uji hipotesis yang ditunjukan table di atas, diperoleh nilai Sig. sebesar 0,043. Hal itu menunjukan nilai sig. lebih < 0,05. Nilai korelasi correlation sebesar 0,218 yang berarti memiliki nilai korelasi lemah. Arah hubungan yang dimiliki antara e-commerce shopee dengan shopaholic adalah positif (+), artinya bila intensitas penggunaan e-commerce shopee meningkat maka perilaku shopaholic juga turut mengalami peningkatan, begitu juga sebaliknya apabila intensitas penggunaan e-commerce shopee menurun maka shopaholic juga turut mengalami penuran. Bedasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara e-commerce shopee berbasis marketplace dengan perilaku shopaholic mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Kata kunci: E-Commerce, Marketplace, Shopee, Shopaholic

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2022 20:44
Last Modified: 15 Jun 2022 20:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item