NADHIFAH, ANTI SYIFAUN (2022) PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK ADIKSI GADGET Studi Kasus : di Desa Ngawonggo Kaliangkrik Magelang. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI ANTIII_REVISIiiiiiiiiiiiiiiiiiii.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1)Mengetahui faktor penyebab terjadinya kecanduan pada anak adiksi gadget di Desa Ngawonggo Kaliangkrik Magelang (2) Mengetahui perkembangan sosial pada anak adiksi gadget di Desa Ngawonggo Kaliangkrik Magelang (3) Mengetahui dampak yang ditimbulkan pada anak adiksi gadget di Desa Ngawonggo Kaliangkrik Magelang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui informan, significant other serta dokumen yang terkait dengan tema penelitan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah 3 anak adiksi gadget usia anak Sekolah Dasar di Desa Ngawonggo, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan dan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Faktor internal penyebab terjadinya kecanduan gadget adalah tingkat sensation seeking yang tinggi dan self esteem yang rendah, faktor eksternal penyebab terjadinya kecanduan gadget adalah tingginya paparan media tentang gadget (2) Penggunaan gadget secara berlebihan berdampak bagi perkembangan sosialnya, yaitu hubungan sosial dengan teman sebaya tidak berjalan sesuai dengan usianya yang seharusnya di usia anak lagi aktif-aktifnya bermain di luar rumah serta komunikasi dengan keluarga juga berkurang (3) Dampak positif dari penggunaan gadget pada anak antara lain menambah pengetahuan anak, menambah teman baru, membangun dan melatih kreativitas anak, mempermudah komunikasi. Sedangkan dampak negatifnya antara lain anak menjadi ketergantungan terhadap gadget, sehingga dalam menjalankan aktivitas hidupnya anak menjadi sulit berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan mata, anak menjadi malas bergerak dan beraktivitas serta lebih suka bermain dengan gadgetnya daripada bermain dengan temannya.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2022 03:09 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 10:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13612 |
Actions (login required)
View Item |