PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI BEREMPATI ITU MUDAH MENGHORMATI ITU INDAH DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MEDIA MICROSOFT TEAMS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII G DI SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

Linandari, Kurnia Lathiifya (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI BEREMPATI ITU MUDAH MENGHORMATI ITU INDAH DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MEDIA MICROSOFT TEAMS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII G DI SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
KURNIA LATHIIFYA LINANDARI 23010180024 skripsi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi berempati itu mudah menghormati itu indah dengan model Project Bsed Learing dan media Microsoft Teams pada peserta didik kelas VII G di SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan dengan 2 siklus. Disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Metodologi pengumpulan data yang digunakan adalah tes, obervasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G SMP Negeri 9 Salatiga tahun ajaran 2021/2022, dan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari dan 24 Februari 2022. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adaalah secara individual peserta didik mendapat nilai minimal sesuai dengan KBM yaitu 76 atau ketuntasan secara klasikal peserta didik di kelas mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan model Project Based Learning dan media Microsoft Teams dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII G SMP Negeri 9 Salatiga tahun ajaran 2021/2022. Pada pra siklus diketahui peserta didik yang tuntas 17 anak dengan presentase 57% dari 30 peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 71.86. Pada siklus I presentase ketuntasan peserta didik meningkat yakti 63% atau sebanyak 19 anak dengan nilai rata-rata kelas yaitu 74.63. Adapun pada siklus II terdapat 26 anak telah mencapai KBM dengan presentase ketuntasan meningkat hingga 86.6% dan nilai rata-rata kelas sebesar 83,6.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2022 19:04
Last Modified: 30 Jun 2022 19:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item