Safitriana, Annisa (2022) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI DAULAH USMANI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN METODE LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI IPS 2 MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
ANNISA SAFITRIANA (23010180052) PAI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif sejarah kebudayaan Islam materi Daulah Usmani dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan metode learning together pada siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berhasil diselesaikan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran discovery learning dan metode learning together berhasil meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan data prasiklus dengan rata-rata nilai 45,39 ketuntasan klasikal 23,07% kemudian meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 70,19 ketuntasan klasikal 73,07%, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata nilai menjadi 80,76 dengan ketuntasan klasikal 88,46% kemudian meningkat pada siklus III dengan rata-rata nilai 81,15 dengan ketuntasan klasikal 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model discovery learning dan metode learning together dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif sejarah kebudayaan Islam Daulah Usmani pada siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Semarang 2021/2022
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 21:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 14:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13761 |
Actions (login required)
View Item |