WASIMAH, SITI (2022) PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMP DARUL FIKR ANDONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SITI WASIMAH 23070170077.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Pola Bilangan Siswa Kelas VIII SMP Darul Fikr Andong Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Darul Fikr Andong. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik jenuh yaitu kelas VIII SMP Darul Fikr Andong yang berjumlah 86 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberi kesimpulan sebagai berikut: 1) Siswa kelas VIII SMP Darul Fikr Andong tahun pelajaran 2021/2022 memiliki persentase kemampuan koneksi matematis sebesar 60,46% dalam kategori sedang dan memiliki persentase hasil belajar sebesar 65,12%, dalam kategori sedang. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar dibuktikan dengan didapatkan persamaan regresi linear Y = 6,078 + 0,926X, nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,942, nilai koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,887, dan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 25,618 > 1,989.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 17:22 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 17:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13794 |
Actions (login required)
View Item |