IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA DI MASA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 KELAS V

Chasanah, Noor (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA DI MASA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 KELAS V. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS NOOR C 12020200035 SIAP CETAK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sikap kemandirian peserta didik bisa ditanamkan melalui proses pembelajaran. Komponen dari karakter yang baik yaitu pengetahuan moral, perasaan moral, dan perilaku moral. Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut; (1) untuk menganalisis guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter kemandirian peserta didik, (2) untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung implementasi guru dalam menanamkan pendidikan karakter kemandirian siswa, (3) untuk menganalisis kontribusi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter kemandirian masa pandemic pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 19 siswa, 1 guru, wali murid dan kepala madrasah. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan daftar pertanyaan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Guru mengimplementasikan pendidikan karakter kemandirian dengan cara melaksanakan program kurikulum yang tertuang di RPP; mengajarkan materi tema 9 dengan model project based learning dan metode inquiry; memberikan tugas kepada peserta didik yang sesuai dengan materi tema 9 yaitu membuat iklan produk minuman. 2) Faktor pendukung implementasi nilai pendidikan karakter kemandirian siswa masa pandemi di MI Al Ittihaad yaitu memberikan pelatihan menggunakan media sosial sebagai media belajar; peran orang tua dalam menanamkan karakter kemandirian di masa pandemi. Kesimpulan penelitian ini adalah; 1) karakter kemandirian peserta didik kelas V di MI Al Ittihaad terprogram untuk menerapkan kemandirian sejak dini. 2) Faktor pendukung implementasi nilai karakter kemandirian siswa di MI Al Ittihaad sebagai berikut; a) Memberikan motivasi dan membangun kepercayaan diri; b) Menjalin komunikasi; c) menanggapi murid yang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran; d) Terlibat dalam pendidikan karakter kemandirian di madrasah; e) memberikan reward dan punishment Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pandemi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:07
Last Modified: 06 Jul 2022 03:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13803

Actions (login required)

View Item View Item