PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN MAD MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII C MTS YASPI PAKIS TAHUN AJARAN 2021/2022

damayanti, nur suci (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN MAD MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII C MTS YASPI PAKIS TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NUR SUCI DAMAYANTI 23010180030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode index card match dan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mad pada siswa kelas VIII C MTs Yaspi Pakis tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Yaspi Pakis yang terdiri dari 28 siswa yaitu 12 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdari dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara membandingkan pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan ketuntasan belajar minimal (KBM) yang telah ditetapkan yaitu 70 (sesuai dengan KBM yang berlaku di MTs Yaspi Pakis) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode index card match dan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mad pada siswa kelas VIII C MTs Yaspi Pakis tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra siklus sebelum menerapkan metode index card match dan multimedia interaktif hanya 13 (46.43%) siswa yang memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), sedangkan yang belum memenuhi KBM sebanyak 15 (53.57%) siswa. Selanjutnya pada siklus I terdapat 17 (60,71%) siswa yang memenuhi KBM dan 11 (39,29%) siswa yang belum memenuhi KBM. Pada siklus II ada 26 (92.86%) siswa yang memenuhi KBM dan 2 (7.14%) siswa yang belum memenuhi KBM. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas ketuntasan klasikal sebesar 92,86 dari indikator ketuntasan belajar sebesar 85%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 21:39
Last Modified: 12 Jul 2022 21:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item View Item