PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI ABBASIYAH MELALUI METODE PAIRED STORY TELLING DAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE SISWA KELAS VIII D SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

zain, anisa mudrikah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI ABBASIYAH MELALUI METODE PAIRED STORY TELLING DAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE SISWA KELAS VIII D SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PDF ANISA MUDRIKAH ZAIN 23010180004.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Zain, Anisa Mudrikah. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Bani Abbasiyah Melalui Metode Paired Story Telling Dan Media Articulate Storyline Siswa Kelas VIII D SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Guntur Cahyono, M. Pd Kata Kunci: metode paired story telling; media articulate storyline; hasil belajar pai Penelitian skripsi ini memiliki tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Dharma Lestari Salatiga pada materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah melalui metode paired story telling dan media articulate storyline. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan kerjasama antara guru mapel PAI dan peneliti. Dalam penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator tercapainya keberhasilan siswa dalam penelitian dapat ditetapkan secara individual juga klasikal, secara individual peserta didik dikatakan mencapai keberhasilan jika pembelajaran sudah memperoleh nilai dari KBM (≥ 77). Penelitian dikatakan berhasil jika pada tahap siklus II sudah ada peningkatan hasil belajar secara klasikal yaitu ≥ 85% dari jumlah peserta didik yang sudah mencapai KBM dan tahapan siklus II dihentikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan jika dengan metode paired story telling dan media articulate storyline dapat memperoleh hasil belajar yang meningkat pada materi PAI pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya meningkatnya hasil belajar dari siklus ke siklus. Tahap siklus I siswa yang tuntas ≥ 77 yaitu 26 siswa dengan rata-rata persentase 77% dan yang tidak tuntas KBM sebanyak 8 siswa dengan persentase 23%. Pada tahap siklus II yang tuntas ≥ 77 sebanyak 30 siswa dengan rata-rata persentase 88% dan yang tidak tuntas KBM sebanyak 4 siswa dikarenakan (1) siswa tersebut jarang masuk sekolah sehingga sering ketinggalan pelajaran, (2) buku pegangan atau catatan siswa hilang, (3) belum bisa membagi waktu belajar antara di sekolah dan di pondok, (4) adanya masalah di pondok yang mengganggu konsentrasi siswa di sekolah. Indikator keberhasilan secara klasikal telah tercapai dengan yang siswa mendapat nilai ≥77 persentasenya mencapai ≥85% sehingga penelitian dihentikan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2022 18:58
Last Modified: 19 Jul 2022 07:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item