Wijayanti, (2022) PENINGKATAN HAFALAN HURUF HIJAIYAH DENGAN METODE BELAJAR BERMAIN MELALUI MEDIA POHON PINTAR DI KELOMPOK B TK SIWI PENI 05 TOGATEN MANGUNSARI SIDOMUKTI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
CLEAR SKRIPSI WIJAYANTI (23050150018) - 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Wijayanti. 2019. Peningkatan Hafalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Belajar Bermain Melalui media Pohon Pintar di Kelompok B TK SIWI PENI 05 Togaten Mangunsari Sidomukti Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Urifatun Anis M. Pd.I Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Belajar Bermain Pohon Pintar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan huruf hijaiyah dengan metode bermain belajar melalui media pohon pintar kelompok B di TK SIWI PENI 05 togaten mangunsari sidomukti salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan usia 5 – 6 tahun yang tergabung dalam kelompok B dan berjumlah 20 anak. Berdasarkan paparan di atas dapat diambil beberapa rumusan masalah yaitu apakah Metode Belajar Bermain Melaui pohon pintar dapat meningkatkan hafalan pada anak kelompok B di TK SIWI PENI 05 Togaten Kecamatan Sidomukti Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Alasan peneliti menggunakan metode ini adalah karena peneliti terlibat langsung dalam penelitian sehingga peneliti berkeinginan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Metode pengumpulan data penilaian melalui 2 siklus yaitu Pra Siklus Siklus I dan Siklus II Tahap-tahap penelitian ini adalah tahap perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observasing), Perenungan (Reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hafalan huruf hijaiyah dengan metode belajar bermain melalui pohon pintar di kelompok B TK SIWI PENI 05 togaten mangunsari sidomukti salatiga sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Dari Pra Siklus belum ada yang mencangkupi nilai indikator keberhasilan yaitu 85%, hanya terdapat 11 anak yang mulai muncul dan 9 anak Belum Muncul (BM) dengan pencapaian individu 28%. Siklus I Belum Muncul (BM) 17 dan 3 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan pencapaian individu 50%, Siklus II Berkembang Sangat Baik (BSB) 15 anak yang Berkembang sesuai Harapan (BSH) 5 anak dengan pencapaian individu 94%. Jadi dibuktikan dengan adanya tabel persentase antara Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Yang dimana dapat disimpulkan ada 19 anak yang mempunyai kategori “S” artinya sudah memenuhi indikator keberhasilan dan ada 1 anak, batas minimal pencapaian sebesar 85% yang mempunyai kategori “B” belum memenuhi indikator indikator keberhasilan dan dinyatakan berhasil. Wijayanti. 2019. Peningkatan Hafalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Belajar Bermain Melalui media Pohon Pintar di Kelompok B TK SIWI PENI 05 Togaten Mangunsari Sidomukti Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Urifatun Anis M. Pd.I Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Belajar Bermain Pohon Pintar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan huruf hijaiyah dengan metode bermain belajar melalui media pohon pintar kelompok B di TK SIWI PENI 05 togaten mangunsari sidomukti salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan usia 5 – 6 tahun yang tergabung dalam kelompok B dan berjumlah 20 anak. Berdasarkan paparan di atas dapat diambil beberapa rumusan masalah yaitu apakah Metode Belajar Bermain Melaui pohon pintar dapat meningkatkan hafalan pada anak kelompok B di TK SIWI PENI 05 Togaten Kecamatan Sidomukti Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Alasan peneliti menggunakan metode ini adalah karena peneliti terlibat langsung dalam penelitian sehingga peneliti berkeinginan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Metode pengumpulan data penilaian melalui 2 siklus yaitu Pra Siklus Siklus I dan Siklus II Tahap-tahap penelitian ini adalah tahap perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observasing), Perenungan (Reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hafalan huruf hijaiyah dengan metode belajar bermain melalui pohon pintar di kelompok B TK SIWI PENI 05 togaten mangunsari sidomukti salatiga sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Dari Pra Siklus belum ada yang mencangkupi nilai indikator keberhasilan yaitu 85%, hanya terdapat 11 anak yang mulai muncul dan 9 anak Belum Muncul (BM) dengan pencapaian individu 28%. Siklus I Belum Muncul (BM) 17 dan 3 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan pencapaian individu 50%, Siklus II Berkembang Sangat Baik (BSB) 15 anak yang Berkembang sesuai Harapan (BSH) 5 anak dengan pencapaian individu 94%. Jadi dibuktikan dengan adanya tabel persentase antara Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Yang dimana dapat disimpulkan ada 19 anak yang mempunyai kategori “S” artinya sudah memenuhi indikator keberhasilan dan ada 1 anak, batas minimal pencapaian sebesar 85% yang mempunyai kategori “B” belum memenuhi indikator indikator keberhasilan dan dinyatakan berhasil.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PIAUD ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 21:00 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 21:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14006 |
Actions (login required)
View Item |