ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Alfiah, Faridatul (2022) ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FARIDATUL ALFIAH 23040180083 REVISI CD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alfiah, Faridatul. 2022. Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mei Prabowo, M. Kom. Kata Kunci: Kesulitan Belajar; Matematika; Operasi Hitung Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika materi operasi hitung bilangan cacah kelas IV di MI Ma‟arif Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar matematika materi operasi hitung bilangan cacah kelas IV di MI Ma‟arif Tuntang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika bersumber dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap siswa dalam belajar matematika, motivasi belajar siswa yang masih cukup rendah, kondisi tubuh yang terkadang kurang optimal dalam menunjang proses belajar, dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya variasi mengajar guru dalam proses pembelajaran matematika, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana dan prasarana sekolah yang belum mendukung pembelajaran matematika, serta lingkungan keluarga yang masih kurang dalam memberikan perhatian terhadap siswa. (2) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu memberikan perbaikan nilai atau remedial, memberikan pelajaran tambahan diluar jam sekolah, menjalin kerja sama dengan orang tua siswa agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2022 19:35
Last Modified: 19 Jul 2022 13:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item