PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 MIN 1 SEMARANG MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TAHUN PELAJARAN 2021/2022

novitasari, alfiana (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 MIN 1 SEMARANG MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ALFIANA NOVITASARI 23040180127.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar membaca pada siswa kelas IC MIN 1 Semarang masih rendah, seperti kurangnya kemampuan siswa dalam membaca dan mengenal huruf dengan baik. Terbukti dengan adanya nilai hasil belajar siswa yang masih kurang dari KKM (75). Hal ini dikarenakan guru masih kurang kreatif dalam memilih metode untuk proses mengajar yang mengakibatkan proses belajar mengajar pada siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membaca permulaan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas 1 MIN 1 Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas IC dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dilakukan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi guru dan siswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal evaluasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus persentase, jika siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar ≥85% dari jumlah seluruh siswa, maka siklus akan dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas IC dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa. Peningkatan siswa yang sudah mencapai KKM dari siklus I ke siklus II yaitu 38%. Hal ini dapat dilihat pada perolehan ketuntasan hasil belajar membaca siswa pada siklus I terdapat 13 siswa (54%) yang sudah tuntas dan 11 siswa (46%) yang belum tuntas. Siklus II terdapat 22 siswa (92%) yang suda tuntas dan 2 siswa (8%) yang belum tuntas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:12
Last Modified: 19 Jul 2022 17:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14050

Actions (login required)

View Item View Item