ANALISIS KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI TEKNIK KNOW, WANT TO KNOW, LEARN (KWL) PADA MATERI TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN KELAS IX MTs ASY-SYARIFAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK TAHUN 2022

farhana, Atika (2022) ANALISIS KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI TEKNIK KNOW, WANT TO KNOW, LEARN (KWL) PADA MATERI TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN KELAS IX MTs ASY-SYARIFAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK TAHUN 2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ATIKA FARHANA 23060180003.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kemandirian dan keaktifan siswa melalui teknik Know, Want to Know, Learn (KWL) materi tanah dan keberlangsungan kehidupan siswa kelas IX di MTsS Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak, dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat analisis kemandirian dan keaktifan siswa melalui teknik Know, Want to Know, Learn (KWL) pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan siswa kelas IX di MTsS Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak, Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena mendeskripsikan suatu fakta serta karakteristik dari populasi secara sistematis, jujur dan akurat. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi dan untuk analisis data menggunakan tahaan (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Adapun prosedur pemerolehan data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) hasil analisis kemandirian siswa menggunakan teknik KWL saat observasi berlangsung didapatkan hasil 60,95% yang berarti kemandirian siswa masuk dalam kategori “baik”. Hasil penyebaran angketnya secara garis besar yang nampak, banyak siswa yang menjawab pernyataan sangat setuju, setuju dan cukup setuju pada setip indikator kemandirian yang ada (2) hasil analisis keaktifan siswa menggunakan teknik KWL saat observasi berlangsung didapatkan hasil 67,17% yang berarti keaktifan siswa masuk ke dalam kategori “Baik”. (3) Faktor yang mendukung penelitian ini, siswa mengerjakan tugas dengan baik, dan mampu mengontrol diri, faktor yang menghambat tidak ada metode pembelajaran baru sebelum diterapkannya teknik KWL, sarana dan prasarana kurang lengkap, banyak kegiatan pondok. (4) Faktor yang mendukung keaktifan siswa siswa nampak aktif setelah dilakukannya teknik KWL, dan juga mereka nampak lebih suka mencatat/merangsum pelajaran setelah diterapkannya teknik KWL. Faktor yang menghambat kurangnya interaksi siswa antara guru dan siswa dalam kelas, dan juga siswa jarang bertanya saat kegiatan belajar sebelum menggunakan teknik KWL.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2022 21:35
Last Modified: 20 Jul 2022 21:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item