yuniarti, Tanti (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MENJADI KERAJINAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF DESA ROWOSARI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. [UNSPECIFIED]
Text
TANTI YUNIARTI 23040180053.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitianoini bertujuan untuk mengetahui 1). Mengetahui implementasi karakter peduli lingkungan MI Ma’arif Rowosari. 2). Mengetahui strategi pemanfaatan sampah plastik di lingkungan MI Ma’arif Rowosari. 3). Mengetahui kendalaoyang dihadapi dalam implementasiokarakter peduli lingkungan melalui pemanfaatan sampah plastik di MI Ma’arif Rowosari. 4). Mengetahui Faktor pendukung dalam implementasiopendidikan karakter peduli lingkunganomelalui pemanfaatan sampah plastik di MI Ma’arif Rowosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifokualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun objek dari penelitian ini adalah situasi implementasi pendidikanokarakter peduli lingkungan. Penelitianoini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancaraodan dokumentasi. Analisisodata dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahanodata menggunakanotriangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakteropeduli lingkungan melalui pemanfaatanosampah plastikodi MIoMa’arif Rowosari. 1) Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di MI Ma’arif Rowosari yaitu berupa kegiatan piket kelas sepulang sekolah, berburu sampah, menggumpulkan sampah menjadi satu dan menjaga sekolah agar tetap bersih dari sampah plastik. 2) Strategi MI Ma’arif Rowosari dalam pemanfaatan sampah plastik yaitu dengan memisahkan sampah plastik dengan sampah yang lainnya, membersihkan sampah plastik yang akan dijadikan kerajinan, menjadikan kegiatan tersebut menjadi pelajaran tambahan didalam kelas, mengajak siswa untuk memanfaatankan sampah plastiknya untuk dijadikan kerajinan agar sampah yang tidak bermanfaat menjadi barang terpakai. Seperti yang peneliti lakukan membuat gantungan ikan dari sampah plastik sedotan. 3) Kendala yang dihadapi dalam kegiatan implementasi pendidikan karakter peduli ini masih banyak siswa yang membuang sampah sembarangan, tidak melaksanakan jadwal piket. 4) Keteladanan guru sebagai faktor pendukung utama untuk melaksanakan program pendidikan karakteropeduli lingkungan ini. Memberikan contoh yang baik kepada pesertaodidik untuk selalu menjaga lingkungan sekolah tetap bersih.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 17:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 13:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14131 |
Actions (login required)
View Item |