Hamidi, Ali (2022) Aktualisasi Kisah Ashabul Kahfi bagi Generasi Muda (Analisis Narrative Criticism A.H Johns). [UNSPECIFIED]
Text
Ashabul kahfi Skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan hasil bahwa teori narrative criticism yang dikemukakan Anthony Hearle Johns bisa diterapkan untuk menganalisis kisah-kisah dalam al-Qur’an, salah satunya yaitu kisah Ashabul Kahfi. Penelitian ini mengkaji kisah Ashabul Kahfi yang ada di dalam al-Qur’an pada QS Al-Kahfi/18 ayat 9-26. Skripsi ini merupakan hasil penelitian kepustakaan/library research dengan judul, “Aktualisasi Kisah Ashabul Kahfi bagi Generasi Muda (Analisis Narrative Criticism A.H Johns).” Hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu penulis ingin mengkaji ayat-ayat kisah yang memiliki presentase terbanyak dalam al-Quran, sekaligus menghidupkan kembali kisah Ashabul Kahfi yang dipahami secara pasif. Tujuan penelitian ini ingin menyajikan kisah Ashabul Kahfi dalam Al-Qur’an secara aktual agar menjadi pengetahuan bagi generasi muda. Penulis berusaha menyampaikan secara objektif gambaran alternatif bagi generasi muda tentang kepakaran dalam suatu bidang, memaknai segala sesuatu bahkan tentang tidur, dan mengihndari sikap hedonisme seperti yang disampaikan pada kisah Ashabul Kahfi. Adapun penelitian ini ditulis dengan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik deskriptif analitik. Penggunaan metode tersebut menghasilkan gambaran kisah Ashabul Kahfi yang terbagi dari beberapa fragmen atau perikop, berdasarkan kisah dan tokoh-tokoh yang ada. Penggunaan analisis narrative criticsm dimaksudkan penulis untuk melihat isi kisah secara utuh dan jelas. Kata kunci: Narrative Critism, Ashabul Kahfi, Aktualisasi.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:02 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 09:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14155 |
Actions (login required)
View Item |