Lestari, Rizki Sri (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENGETAHUI KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 SURUH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. [UNSPECIFIED]
Text
RIZKI SRI LESTARI 23060180040 T IPA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) problem based learning (PBL) dengan metode praktikum untuk mengetahui kepedulian lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 03 Suruh pada materi pencemaran lingkungan. 2) Kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) problem based learning (PBL) dengan metode praktikum untuk mengetahui kepedulian lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 03 Suruh pada materi pencemaran lingkungan. 3) Kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) problem based learning (PBL) dengan metode praktikum untuk mengetahui kepedulian lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 03 Suruh pada materi pencemaran lingkungan. 4) Hasil penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) problem based learning (PBL) dengan metode praktikum untuk mengetahui kepedulian lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 03 Suruh pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) mengadaptasi dari Sugiyono. Penelitian ini dibatasi pada delapan tahapan saja yaitu 1) Potensi dan masalah. 2) Pengumpulan data. 3) Desain produk. 4) Validasi desain. 5) Perbaikan desain. 6) Uji coba produk . 7) Revisi desain. 8) Uji coba pemakaian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan format responempat poin dari skala Likert untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan tingkat kepedulin lingkungan, selain itu digunakan instrument tes berupa soal pretest dan posttest, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti membuat LKPD PBL IPA yang lebih menarik, tidak membosankan, dan praktikum pada pencemaran air dapat memperkenalkan alat yang bernama Total Disolve Solid (TDS meter). Persentase kelayakan LKPD PBL IPA pada aspek media 92,50% dan isi 94,64% yang berarti sangat layak dapat digunakan dengan revisi dari masukan validator. Persentase kepraktisan oleh guru aspek kebermanfaatan 90% dan kemudahan 96,87%, oleh siswa pada kelas terbuka aspek kebermanfaatan 89,89% dan kemudahan 92,17% yang berarti sangat praktis. Persentase tingkat kepedulian lingkungan oleh siswa pada kelas terbuka hasil persentase aspek perawatan lingkungan 89,77%, pengurangan pemakaian plastik 90,91%, pengelolaan sampah sesuai jenisnya sebesar 89,77%, pengurangan emisi karbon 90,91%, dan penghematan energi 91,48%. yang berarti sangat baik dan indikator kepedulian yang menonjol yaitu indikator penghematan energi dengan persentase 91,48%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 16:39 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 10:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14162 |
Actions (login required)
View Item |