WULANDARI, DEWI AMELIA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MALAIKAT SELALU BERSAMAKU MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZZ PADA SISWA KELAS X IPS 3 SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
DEWI AMELIA WULANDARI 23010180093.pdf Download (6MB) |
Abstract
Wulandari, Dewi Amelia. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Malaikat Selalu Bersamaku Melalui Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Media Game Edukasi Quizizz pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: hasil belajar, Model Student Teams Achievement Divisions (STAD), Media Game Edukasi Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Malaikat Selalu Bersamaku dengan mengkolaborasikan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Media Game Edukasi Quizizz pada siswa kelas X IPS 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini terdiri dari 36 peserta didik, yaitu 20 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei dan 7 Juni 2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar tes berupa quizizz setiap siklus, lembar observasi pendidik dan lembar observasi peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yatu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa tes pilihan ganda dan tes essay menggunakan quizizz. Sedangkan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui ketercapaian nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Media Game Edukasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa atau 70% dari jumlah siswa dan 11 siswa atau 30% dari jumlah siswa yang belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa atau 90% dan 4 siswa yang belum tuntas atau 10% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Media Game Edukasi Quizizz materi Malaikat Selalu Bersamaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14174 |
Actions (login required)
View Item |