Cahyani, Tuti (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LAPISAN BUMI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
TUTI CAHYANI 23060180045.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa materi lapisan bumi menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 (2) hasil belajar siswa materi lapisan bumi menggunakan model pembelajaran ekspositori berbantuan MOODLE pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 (3) apakah model pembelajaran ekspositori efektif terhadap hasil belajar siswa materi lapisan bumi berbantuan MOODLE pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Salatiga . Populasi dari penelitian ini adalah jumlah keseluruhan dari kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga sebanyak 242 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan subjek dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas ekspserimen (VII C) dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori berbantuan MOODLE dan kelas kontrol (VII D) menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Hasil penelitian ini dapat diperoleh bahwa (1) hasil belajar IPA materi lapisan bumi pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pre-test 51,4 dan nilai ratarata post-test 61,96. (2) hasil belajar IPA materi lapisan bumi pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test 59,46 dan nilai rata-rata post-test 78,04. (3) model pembelajaran ekspositori berbantuan MOODLE efektif terhadap hasil belajar IPA materi lapisan bumi pada kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga dengan nilai thitung (10,612 ) > ttabel (2,004) dan nilai signifikasi (0,000 <0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ekspositori berbantuan MOODLE efektif terhadap hasil belajar siswa dan Ho ditolak serta Ha diterima.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:44 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14222 |
Actions (login required)
View Item |