PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION AND INTELLECTUALLY) DENGAN BERBANTUAN ALAT PERAGA PHANTOM TORSO ANATOMI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SULTAN FATTAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SEPTYANA, NURUL WAHYU (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION AND INTELLECTUALLY) DENGAN BERBANTUAN ALAT PERAGA PHANTOM TORSO ANATOMI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SULTAN FATTAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_NURUL WAHYU SEPTYANA (23060180052)_.pdf

Download (3MB)

Abstract

Septyana, Nurul Wahyu 2022. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually) dengan berbantuan Alat Peraga Phantom Torso Anatomi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Sultan Fattah Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intellectually), Phantom Torso Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia selama proses pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visualization, and Intelektually) berbantuan alat peraga phantom torso anatomi manusia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran IPA dan siswa kelas VIII A SMP Islam Sultan Fattah Salatiga yang berjumlah 20 siswa dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 Tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectually) dengan berbantuan alat peraga phantom torso anatomi manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Islam Sultan Fattah Salatiga materi Sistem Pencernaan Manusia. Pada siklus I siswa telah mencapai KKM yaitu 60% (12 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 71,75 sedangkan pada siklus II telah mencapai KKM sebesar 85% (17 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 80. Persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus II yaitu 85% menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 21:17
Last Modified: 29 Jul 2022 15:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14246

Actions (login required)

View Item View Item