Sadiah, Nur Hikmatus (2022) Analisis kesulitan belajar operasi hitung pembagian matematika pada siswa kelas 3 MI Asas Islam Kalibening Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
NUR HIKMATUS SA'DIAH_11514040.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sa‟diah, Nur Hikmatus. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Matematika Pada Siswa Kelas 3 MI Asas Islam Kalibening. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata kunci: kesulitan belajar, operasi hitung pembagian, matematika, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Matematika Pada Siswa Kelas 3 MI Asas Islam Kalibening . pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : Pertama kesulitan apakah yang di alami siswa kelas 3 MI asas islam kalibening dalam menyelesaikn operasi hitng pembagian. Kedua Faktor apakah yang mempengaruhi siswa kesulitan menyelesaikan operasi hitung pembagian matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan cara menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Adapun pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan klasifikasi dalam penyaringan dan penyimpulan. Penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa kelas 3 MI Asas Islam Kalibening, Salatiga menunjukan hasil bahwa kesulitan belajar operasi hitung pembagian matematika meliputi: (1) kesulitan memaham konsep dasar pembagian , (2) kesulitan memahami konsep pembagian bersisa, (3) kesulitan prosedur (algoritma) pembagian, (4) kesulitan pengunaan prosedur pembagian, (5) kesulitan memahami nilai tempat dalam operasi hitung pembagian, (6) kesulitan memahami symbol. kedua, Faktor yang melatarbelakangi kesulitan belajar operasi hitung pembagian matematika antara lain: (1) kesulitan memahami konsep pembagian, (2) keterampilan berhitung siswa masih pada tahap semi abstrak, (3) perhatiann siswa rendah padapelajaran,(4)minatbelajar,(5)terbatasnyawaktu.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 04:56 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 04:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14279 |
Actions (login required)
View Item |