Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Studi kasus di SMP N 1 Tengaran, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun 2016)

Wisnu, Andika (2016) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Studi kasus di SMP N 1 Tengaran, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun 2016). Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ANDIKA WISNU 11112224.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah studi kasus di SMP N 1 Tengaran, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun 2016. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter apa saja yang ditanamkan, bagaimana cara penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah, dan faktor apa saja yang dapat menghambat proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMP N 1 Tengaran, Kecamatan Tengaran, Tahun 2016, Kabupaten Semarang. Pendekatan dari penelitian ini bersifat kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mana penelitian ini metode yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam dan terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diambil dari para informan atau responden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data tersebut berupa keterangan para key informan, sedangkan data tambahan berupa catatan lapangan. Keseluruhan data tersebut selain diperoleh melalui wawancara, juga didapatkan dari observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisis data ini adalah mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan trianggulasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditanamkan dalam ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMP N 1 Tengaran antara lain yaitu karakter religius, jujur, disiplin, mandiri, rendah hati, kerja keras, dan tanggung jawab. Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMP N 1 Tengaran yaitu dengan memuat 3 aspek pendidikan yaitu, Kognitif, Psikomotor, dan Afektif yang disesuaikan dengan 2 teori internalisasi dari Muhaimin dan Ahmad Tafsir. Hambatan-hambatan proses internalisasi yang berlangsung, dari dalam diri yaitu malas, kesadaran diri yang masih kurang, mood-moodan atau berkecenderungan melakukan sesuatu berdasar suasana hati dan ego atau perasaan untuk melakukan semuanya sendiri. Dari luar yaitu kepedulian sekitar key informan yang juga kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:37
Last Modified: 10 Apr 2017 02:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item