HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 8 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

WAHIDAH, HANIFAH NUR (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 8 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Hanifah Nur Wahidah (PGMI).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru dengan keaktifan belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap adalah: 1) Untuk mengetahui kompetensi sosial guru di MIN 8 Boyolali. 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa kelas V MIN 8 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kompetensi sosial guru dengan keaktifan belajar siswa kelas V MIN 8 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V, dengan subjek penelitian 50 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Uji validitas angket menggunakan product moment dengan bantuan SPSS versi 25, uji reabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Untuk pengujian hipotesis menggunakan product moment dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil atau kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan uji statistik kompetensi sosial guru pada kategori “Cukup Baik”, dapat dilihat kategori sangat baik sebanyak 2 (4%), baik 14 (28%), cukup baik 26 (52%), dan kurang baik 8 (16%). 2) Berdasarkan uji statistik keaktifan belajar siswa juga pada kategori “Cukup Baik”, dapat dilihat kategori sangat baik 0 (0%), baik 5 (10%), cukup baik 27 (54%), dan kurang baik 18 (36%). 3) Ada hubungan signifikan antara kompetensi sosial guru dengan keaktifan belajar siswa kelas V MIN 8 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan nilai taraf signifikasi sebesar 0.000, maka taraf signifikansi dengan nilai 0.000 < 0.05 atau juga dapat di lihat dari sebesar 24.469 > sebesar 4.08 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji-t didapatkan hasil bahwa sebesar 4.947 dan sebesar 2.011, maka > jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari koefisien product moment sebesar 34%. Ini berarti hubungan kompetensi sosial guru dengan keaktifan belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 34%. Sedangkan 66% keaktifan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2022 20:36
Last Modified: 05 Aug 2022 20:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14302

Actions (login required)

View Item View Item