PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH SOSIAL DALAM MASYARAKAT MELALUI METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS IV MI WATUAGUNG TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Fitriana, Zumrotul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH SOSIAL DALAM MASYARAKAT MELALUI METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS IV MI WATUAGUNG TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Zumrotul Fitriana 23040180024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil Belajar IPS di IV B MI Watuagung Kecamatan TuntangKabupaten Semarang masih sanagt rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang masib belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan karena metode yang digunakan yang masih biasa. Guru cenderung hanya menggunakan patoakn dari buku saja sehingga siswapun banyak yang tidak tertarik dan bosan sehingga materi yang disampaikan oleh guru biasanya terlupakan oleh siswa. Pendalaman konsep juga kurang dan siswa tidak dapat mendapatkan kesempatan untuk menggali lebih dalam sebuah materi yang diajarkan. Rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran sosiodrama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di MI Watuagung Tuntang Kabupaten Semarang 2021/2022 penelitian ini untuk mengetahui metode sosiorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial dalam masyarakat pada siswa kelas IV B MI Watuagung Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di prasiklus dan siklus I. Dalam siklus I terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitin ini yaitusiswa kelas IV B MI Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang berjumlah 17 siswa terdiri dari laki-laki 8 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa.Instrumen Penilaian meliputi lembar observasi dan tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Dat dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila kurang lebih 85% siswa tuntas belajar mak siklus dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran IPS tentang materi masalah sosial dalam masyarakat diperoleh bahwa dengan menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar peserta siswa kelas IV B MI Watuagung Tuntang. Hasil penelitian menunukkan siswa yang tuntas pada prasiklus adalah 11 siswa (64,7%) dengan nilai rata-rata 67,6. Pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa (88,2%) dengan nilai rata-rata 82,9.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2022 21:26
Last Modified: 05 Aug 2022 21:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item