EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM DAGAN SOLOKURO LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ULA, NIA ROHMATUL (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM DAGAN SOLOKURO LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Full_Nia Rohmatul Ula 23040180010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Solving berbantu media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPA materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum. (2) mengetahui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantu media kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Mambaul Ulum. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Experimen, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Control Grup Pretest – posttest Design. Populasi penelitian ini siswa kelas IV MI Mambaul Ulum, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Data non tes berupa tanggapan siswa. Data tes berupa soal pilihan ganda, metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest-posttest soal, yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Pada Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji (Idependent Sampel T-Tes) menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretest 50,22 dan nilai posttest 81,06. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest 62,56 dan nilai posttest sebesar 63. Berdasarkan analisis data hasil uji hipotesis yaitu uji-t (Idependent, Sample T-Tes) diperoleh hasil nilai thitung 3,434 > ttabel 1,692 dengan nilai sig 0,002 < 0,05, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, hasil uji N-Gain Score diperoleh persentase sebesar 62,44 merupakan kategori “Cukup Efektif” artinya model pembelajaran problem solving berbantu media kartu bergambar efektif terhadap hasil belajar IPA materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2022 21:41
Last Modified: 05 Aug 2022 14:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item