IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) FALAHUL MUKMININ 02 DESA PADAAN KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Putri, Ferom Hana Elisa (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) FALAHUL MUKMININ 02 DESA PADAAN KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FEROM HANA ELISA PUTRI 23040180020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Falahul Mukminin 02 merupakan lembaga pendidikan formal yang megajarkan pendidikan umum dan pendidikan agama. Karena perilaku dan sikap sosialnya berbeda. Maka peserta didik perlu adanya pembelajaran, pendidikan, dan pembiasaan agar mempunyai sikap sosial yang baik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahul Mukminin 02 Tahun Ajaran 2021/2022 dan (2) Apa faktor penunjang dalam implementasi model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahul Mukminin 02 Tahun Ajaran 2021/2022. (3) Apa faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Falahul Mukminin 02 Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan cara menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi, data yang telah didapat kemudian dianalisiskan. Dimana sumber utama dalam penelitian dari pihak yang diwawancarakan adalah guru kelas, peserta didik, dan wali murid. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) dengan implementasi model pembelajaran inkuiri sosial peserta didik lebih aktif. Implementasi odel pembelajaran inkuiri sosial melalui beberapa kegiatan. 2) Faktor penunjangnya adalah guru memberikan pembelajaran tentang rasa simpati dan rasa empati kepada peserta didik. (3) faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan yang membuat peserta didik malas belajar, kurangnya waktu wali murid dalam mendampingi anaknya belajar atau bermain.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2022 20:29
Last Modified: 18 Aug 2022 07:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item