Reza, Indah Dahlia (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 2 BRINGIN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Indah Dahlia Reza_23070180107.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis siswa materi Peluang kelas VIII SMP Negeri 2 Bringin Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design dengan posttest only control design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling dimana populasi dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian sampel dipilih perkelompok bukan individu dan terpilihlah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan post-test pada kedua kelas, kemudian hasil dari pengerjaan post-test dianalisis dengan bantuan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa materi Peluang kelas VIII SMP Negeri 2 Bringin tahun ajaran 2021/2022 karena hasil penelitian menunjukkan hasil post-test penalaran matematis materi Peluang kelas dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu LKPD lebih tinggi daripada kelas dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 18:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 11:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14412 |
Actions (login required)
View Item |