diningrum, faola setyo (2022) Strategi Pembentukan Karakter Religius dan Komunikatif Pada Siswa di MTs Ma'arif NU Kemiri Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Faola Setyo Diningrum_PAI_18.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Diningrum, Faola Setyo. 2022. Strategi Pembentukan Karakter Religius dan Komunikatif Pada Siswa di MTs Ma’arif NU Kemiri Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Pembentukan, Karaker Religius, Pembentukan Komunikatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembentukan karakter religius dan komunikatif pada siswa di MTs Ma’ari NU Kemiri Tahun Ajaran 2021/2022. Rumusan masalah pada penelitian ini. 1) Bagaimana strategi pembentukan karakter religius pada siswa di MTs Ma’arif NU Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Bagaimana strategi pembentukan karakter komunikatif pada siswa di MTs Ma’arif NU Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022? 3) Apa faktor penghambat dan pendukung pembentukan karakter religius dan komunikatif pada siswa di MTs Ma’arif NU Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan dan sekunder. Sumber data primer meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, guru Akidah Akhlak, guru Bahasa Indonesia, siswa kelas VII,VII, IX, dan wali murid kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan sumber data sekunder meliputi arsip dan dokumen yang dimiliki MTs Ma’arif NU Kemiri. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter religius melalui strategi: 1) Strategi pembentukan karakter religius pada siswa di MTs Ma’arif NU Kemiri Tahun Ajaran 2021/2022 dilaksanakan dengan strategi pembiasaan yang diterapkan di MTs Ma’arif NU Kemiri antara lain yaitu pembiasaan membaca Asmaul Husna, membiasakan siswa menghafalkan Juz 30, mengadakan pelatihan qiro’ah dan hadroh, pembiasaan salat dhuha sesuai dengan jadwal kelas masing-masing, dan membiasakan siswa salat zuhur berjama’ah, 2) Strategi Pembentukan karakter komunikatif pada siswa di MTs Ma’arif NU Kemiri Tahun Ajaran 2021/2022 menggunakan strategi pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan oleh bapak/ibu guru. Pembiasaan-pembiasaannya antara lain yaitu siswa dibiasakan untuk memimpin tahlil secara bergantian, membiasakan saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang demokratis, mengadakan pelatihan pidato, mengadakan diskusi kelompok saat pembelajaran, membiasakan siswa untuk presentasi, dan mengadakan ekstrakurikuler wajib pramuka, 3) Hambatan yang dialami MTs Ma’arif NU Kemiri dalam pembentukan karakter religius dan komunikatif yaitu latar belakang keluarga siswa, lingkungan sekitar sekolah, fasilitas yang kurang memadai, dan pengondisian siswa saat pelaksanaan kegiatan. Sedangkan faktor pendukung pembentukan karakter religius dan komunikatif ada dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 18:39 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14435 |
Actions (login required)
View Item |