putri, Elsa salbilla (2022) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEDAYU KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Elsa Salbilla Putri 23040180003FIKS2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Putri, Elsa salbilla. 2022. Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sedayu Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci : Implementasi; Metode Pembelajaran; Mind Mapping; Pembelajaran Tematik; Madrasah Ibtidaiyah Sedayu. Penggunaan metode pembelajaran mind mapping, mengarahkan siswa untuk dapat memahami materi dengan mudah, cepat dalam mengkonstruksi konsep baru. Melalui pengetahuan yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan bahasa mereka sendiri serta menjadikan proses pembelajaran menyenangkan. mind mapping dapat membantu daya ingat, maka membantu mengembangkan materi pokok. mind mapping merupakan metode pembelajaran sederharna yakni suatu teknik grafis yang memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otak untuk keperluan berpikir dan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana guru menerapan metode mind mapping terhadap pembelajaran tematik kelas II. 2) bagaimana pemanfaatan metode mind mapping terhadap pembelajaran tematik kelas II. 3) apa kelebihan dan kelemahan metrode Mind Mappping terhadap pembelajaran tematik kelas II Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian jenis kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh darihasil wawancara Observasi dan dokumentasi di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sedayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode mind mapping terhadap pembelajaran tematik kelas II di Madrasah ibtidaiyah Muhammadiyah sedayu. 2) Pemanfaatan metode mind mapping pada pembelajaran tematik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sedayu. 3) Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan metode mind mapping setelah pembelajaran dilakukan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Aug 2022 16:02 |
Last Modified: | 20 Aug 2022 09:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14499 |
Actions (login required)
View Item |