PERSEPSI MASYARAKAT SUMOWONO TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL (Studi Kasus di Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang)

, Ilham Rakyan Mahardika (2022) PERSEPSI MASYARAKAT SUMOWONO TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL (Studi Kasus di Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI UTUH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengobatan tradisional merupakan suatu sarana dan solusi bagi masyarakat, pada tahun 2021 banyak pengobatan tradisional yang viral dalam jejaring media sosial, fenomena yang terjadi dalam masyarakat tersebut berlangsung ketika pandemi Covid-19 melanda dunia dan banyak praktisi maupun tempat pengobatan tradisional yang muncul ke permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Masyarakat Desa Sumowono terhadap pengobatan tradisional dan latar belakang serta manfaat pengobatan tradisional bagi masyarakat Desa Sumowono. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan fenomenologi. Dalam menjelaskan suatu kejadian peneliti menggunakan teknik interpretasi dan dalam memvalidasi keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa: Pengobatan tradisional adalah pengobatan yang dilakukan oleh wong tuo, wong pinter, dan dukun. Metode pengobatan tradisional menggunakan sarana yang sifatnya alami dan tidak menimbulkan efek buruk terhadap tubuh serta memiliki cara yang unik. Dasar kepercayaan terhadap pengobatatan tradisional didasari oleh pengaruh dari luar yaitu keluarga, kerabat, maupun masyarakat luas. Sedang pengaruh dari dalam adalah pengalaman atau pandangan terhadap suatu pengalaman yang pernah dilalui. Pengobatan tradisional masih akan tetap eksis di masa mendatang disebabkan akan selalu ada orang yang mencari jawaban atas persoalan yang tidak bisa dijawab oleh pengobatan modern. Latar belakang orang datang menggunakan jasa pengobatan tradisional didasari oleh: Pertama, ketakutan karena kondisi kesehatan yang tak kunjung sembuh. Kedua, keadaan yang mendesak hingga meninggalkan hanya pengobatan tradisional sebagai pilihan pengobatan. Ketiga, kemudahan dalam mengakses pengobatan tradisional karena tidak membutuhkan persyaratan tertentu. Keempat, lebih percaya terhadap pengobatan tradisional dibandingkan dengan pengobatan modern. Setiap individu akan selalu mencari solusi dari permasalahnya dan akan mencoba semua yang dirasa sanggup membawa manfaat bagi individu tersebut. Manfaat dari pengobatan tradisional adalah kesembuhan, biaya yang murah dan pendapat pengarahan dan pengingat terhadap kehidupan melalui jalur agama. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pengobatan Tradisional, Studi Kasus.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2022 17:00
Last Modified: 22 Aug 2022 17:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14522

Actions (login required)

View Item View Item