PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI FATHU MAKKAH MELALUI METODE BERMAIN CERITA DAN MENYANYI PADA SISWA KELAS V MI ASINAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ISBANI, ISBANI (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI FATHU MAKKAH MELALUI METODE BERMAIN CERITA DAN MENYANYI PADA SISWA KELAS V MI ASINAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
gabung.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Isbani, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fathu Makkah Melalui Metode Bermain Cerita Menyanyi Pada Siswa Kelas V MI Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode BCM (Bermain Cerita dan Menyanyi, dan SKI. Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar siswa kelas V tentang materi Peristiwa Fathu Makkah melalui metode BCM ( Bermain Cerita dan Menyanyi). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan metode BCM pada materi Peristiwa Fathu Makkah dapat meningkatkan hasil belajar SKI pada siswa kelas V MI Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi Peristiwa Fathu Makkah melalui metode BCM pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MI Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V. Melihat hasil belajar siswa kelas V selama ini yang masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah, yaitu 61. Hal ini dapat dilihat dari ulangan harian dengan prosentase kelulusan 22,2% yang belum mencapai KKM. Maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode BCM pada mata pelajaran SKI materi Peristiwa Fathu Makkah kelas V di MI Asinan. Dengan harapan dapat meingkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI materi Peristiwa Fathu Makkah melalui metode BCM pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Hal itu dapat dilihat dari hasil tes dari setiap siklus penelitian yang selalu meningkat. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 66,6% dengan rata-rata kelas 66,6; siklus II yang tuntas sebanyak 9 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 75,5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:18
Last Modified: 11 Apr 2017 02:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item