Sari, Ellita Permata (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR “MATERI ADAB MEMBACA AL-QUR’AN DAN BERDOA” MELALUI METODE CARD SORT DAN VIDEO CRITIC PADA SISWA KELAS VII A DI MTs NEGERI 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ELLITA PERMATA SARI 23010180025 (7).pdf Download (5MB) |
Abstract
Sari, Ellita Permata. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Adab Membaca AlQur’an dan Berdoa Melalui Metode Card Sort dan Video Critic pada Siswa Kelas VII A di MTs Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Fatchurrohman, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Card Sort, Video Critic Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode card sort dan video critic dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi adab membaca Al-Qur’an dan berdoa pada siswa kelas VII A di MTs Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA di MTs Negeri 1 Klaten yang terdiri dari 34 siswa yaitu 20 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masingmasing terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 75 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MTs Negeri 1 Klaten) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa menggunakan metode card sort dan video critic dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi adab membaca Al-Qur’an dan berdoa pada siswa kelas VII A di MTs Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra siklus yang diperoleh dari ulangan harian siswa sebelum menerapkan metode card sort dan video critic hanya 14 siswa (41,18%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan yang belum tuntas sebanyak 20 siswa (58,82%). Selanjutnya, pada siklus I terdapat 22 siswa (64,70%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan 12 siswa (35,30%) belum memenuhi KKM. Pada siklus II ada 31 siswa (91,17%) yang memenuhi KKM dan 3 siswa (8,83%) yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai batas keberhasilan klasikan sebesar 85%.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 17:33 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 17:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14557 |
Actions (login required)
View Item |